Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]

Anjing mungkin buat sebagian orang adalah hewan yang menakutkan serta diharamkan bagi agama tertentu, tetapi banyak suka yang menganggap anjing adalah peliharaan yang sangat disayangi bahkan ada yang memperlakukannya layaknya manusia.

Anjing memang terkenal sebagai hewan yang setia serta mempunyai perasaan dan emosi seperti manusia, namun ada hal terpenting yang perlu kita perhatikan bila kita memelihara anjing yaitu kita harus mengetahui apa saja yang boleh dan tidak boleh dimakan oleh anjing.

Banyak dari kita yang memelihara anjing yang secara tidak sadar memberikan makanan yang sesungguhnya sangat berbahaya bagi anjing. Kadang sisa dari apa yang kita makan kita berikan ke anjing kesayangan kita. Padahal ada beberapa makanan yang buat kita tidak menjadi masalah namun bagi anjing sangatlah berbahaya bahkan dapat berakibat pada kematian anjing, jadi ingatlah bahwa "apa yang aman bagi manusia, belum tentu aman bagi anjing"

Berikut seperti dilansir foodbeast.com, 12 makanan yang berbahaya untuk anjing:


1. Coklat
Tentu kita tidak mengira bahwa coklat itu berbahaya bagi anjing, tapi ternyata kandungan pada coklat yaitu kafein dan theobromine yang termasuk ke dalam kategorimethylxanthines dan ketika coklat dimakan anjing, kandungan racun tersebut dapat mengakibatkan muntah-muntah, dehidrasi, sakit perut, agitasi parah, tremor otot, irama jantung yang tidak teratur, suhu tubuh tinggi, kejang, dan kematian pada anjing.

2. Susu Sapi
Susu sapi sebagai makanan penyempurna "4 Sehat, 5 Sempurna" bagi manusia namun bagi anjing susu sapi itu berbahaya karena anjing tidak memiliki enzim untuk mengurai kandungan yang terdapat pada susu. Mengkonsumsi susu sapi dapat menyebabkan anjing tersebut muntah, diare, dan masalah pencernaan lainnya. Walau tidak sampai mengancam jiwa anjing secara langsung, namun susu sapi memberikan kontribusi akan paparan bakteri serius pada anjing.


3. Bawang
Bawang, khususnya bawang bombay mengandung senyawa yang dapat berbahaya bagi anjing. Bawang dapat merusak sel-sel darah merah pada anjing yang menyebabkan anjing menjadi lemah dan malas bergerak. Jika terlalu mengkonsumsi bawang mungkin transfusi darah pada anjing perlu dilakukan






4. Keju

Sama seperti susu sapi, keju yang berbahan dasar susu ini mengandung lemak dan gula dimana anjing anjing tidak memiliki enzim untuk mengurainya. Keju dan produk susu lainnya, dapat menyebabkan masalah jika dikonsumsi berlebihan. Gejala seperti gas, diare, dan muntah semua bisa terjadi jika anjing makan terlalu banyak keju.

5. Kacang Macadamia
Di Indonesia mungkin kacang ini kurang familiar namun kandungan kimia (belum diketahui kandungan kimia apa) yang terdapat pada kacang macadamia diketahui menyebabkan reaksi beracun untuk anjing yaitu menyebabkan anjing mengalami kelemahan dan kelumpuhan, khususnya di kaki belakang mereka. Selain itu, kacang macadamia juga dapat mengakibatkan anjing muntah, depresi, tremor, dan hipotermia.

6. Bawang Putih

Bawang putih yang masuk dalam keluarga bawang, tentu berbahaya bagi anjing namun bawang putih memiliki senyawa yang sangat kuat yang sangat beracun bagi anjing dan berbeda dibandingkan jenis bawang yag lain. Walaupun gejala merusak sel darah merah pada anjing tidak nampak seketika tetapi anjing yang mengkonsumsi bawang putih menjadi cepat lelah dan enggan untuk bergerak. Warna urin anjing akan menjadi oranye hingga merah gelap serta transfusi darah mungkin perlu dilakukan.

7. Anggur
Belum diketahui kandungan kimia dan senyawa yang terdapat pada anggur yang beracun bagi anjing tetapi ditemukan pada beberapa kasus bahwa anggur memiliki efek negatif yang cukup parah bagi anjing. Anggur dan kismis dapat menyebabkan gagal ginjal. Gejala yang muncul bervariasi, dan ada kemungkinan tidak muncul gejala apapun. Selain gagal ginjal, anjing juga dapat muntah atau diare dengan keadaan lesu dan lemas. Anggur dan kismis juga dapat menyebabkan dehidrasi dan mengurangi nafsu makan. Kematian akibat gagal ginjal pada anjing ini dapat terjadi dalam waktu tiga sampai empat hari.

8. Alpukat
Buah, daun, biji, serta kulit alpukat mengandung racun bernama persin. Alpukat dapat memiliki efek racun pada anjing tergantung pada varietas. Mereka dapat menyebabkan sakit perut, kesulitan bernafas, dan penumpukan cairan di dada. Tetapi hal yang paling berbahaya bagi anjing adalah biji alpukat. Tekstur biji alpukat yang licin membuatnya rentan tertelan oleh anjing, yang menyebabkan obstruksi pada saluran pencernaan.

9. Bagian Tengah Apel
Bagian tengah dari sebuah apel (serta plum, persik, pir, dan aprikot) mengandung cyanogenic glycosides yang juga dikenal sebagai sianida. Beberapa gejala yang berasal dari menelan racun apel oleh anjing adalah pusing, kesulitan untuk bernafas, kejang, pingsan, hiperventilasi, shock, dan bahkan koma.

10. Adonan Tepung Ragi
Adonan ragi mentah dari pembuatan roti dapat berfermentasi di dalam perut anjing dan menjadi beracun. Selain kandungan racun dari alkohol yang diproduksi di perut, adonan ragi juga dapat mengembang di dalam perut anjing kamu dan dapat menciptakan banyak gas dalam sistem pencernaan. Hal ini dapat menyebabkan sakit parah dan berpotensi merusak saluran usus anjing. Selain itu, anjing juga dapat muntah-muntah, perut tidak nyaman, dan lemas.

11. Kafein
Kafein yang terdapat di dalam kopi mengandung stimulan yang dikenal dengan namamethylated xanthine. Stimulan tersebut dapat merangsang sistem saraf pada anjing, menyebabkan muntah, gelisah, jantung berdebar, dan bahkan kematian.






12. Bacon
Makanan yang kaya lemak, seperti bacon, dapat menyebabkan penyakit pankreatitis pada anjing. Pankreas mereka menjadi meradang dan tidak berfungsi seperti yang seharusnya. Hal ini menyebabkan segala macam masalah dengan pencernaan dan penyerapan nutris

Jadi perlu kita mengingat ke-12 makanan tersebut agar hal hal yang tidak diingkan terjadi pada anjing kesayangan kita.


Sumber: https://blog.tokopedia.com

2 comments:

Obat Infeksi Ginjal Alami mengatakan...

terimakasih banyak, sangat menarik sekali artikelnya...

Best Dentist in Noida | Re-HabDental | FAQ 8795006097, 0120- 4093600 Dentist Near By mengatakan...

Exclusive Dental Centre in Noida dentist in noida for Immediate Loading Strategic Implants, Best Dental implants in Noida, Best Dental Clinic in Noida, Best Dentist in Noida Expert Team & Latest Equipments No Teeth To Fixed Functional teeth within 72 hours best dentist in noida

Re-Hab Dental is best dental clinic in noida the only authorised centre in Noida to provide you with the option of Highly Specialized STRATEGIC IMPLANTS.We perform the highly advanced Immediate Loading Basal implant dentist in noida implant procedures which permit fixation of teeth within Just 72 Hours of implantation without the help of any complicated Bone Surgeries. best implant dentist in noida This also allows the patient to start Eating immediately after 3 days. dental clinic in noida This is unlike the conventional Implants where the Patient has to wait for a period of 3-6 months to get a permanent crown over Implants & start eating. dentist in noida

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Fashion Blogs Lifestyle Blogs